USM STAN: 3 Tahap Menjadi Mahasiswa STAN

Post Series: USM STAN
  • 1.USM STAN: 3 Tahap Menjadi Mahasiswa STAN

USM STANSatu-satunya jalur masuk STAN adalah melalui USM STAN.

TIDAK ADA JALUR LAIN!

Tidak seperti perguruan tinggi lain yang mempunyai berbagai jalur masuk, di PKN STAN maupun Perguruan Tinggi Kedinasan lain, jalur masuknya cuma satu dan sekali dibuka dalam setahun.

Jadi, bagi kamu yang benar-benar berminat kuliah di STAN, kamu mesti paham benar syarat, ketentuan, dan tahap-tahap USM STAN.

Di artikel ini, aku akan mencoba menjelaskan tentang seluk-beluk USM STAN berdasarkan ketentuan tahun 2017 kemarin.

Baca sampai akhir ya…

Tahap-tahap USM STAN

Berdasarkan aturan dalam 2-3 tahun terakhir, USM PKN STAN dibagi menjadi 3 tahap:

  1. Tahap I: Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI)
  2. Tahap II: Tes Kesehatan dan Kebugaran
  3. Tahap III: Tes Kemampuan Dasar (TKD)

Sebagai patokan, berikut ini jadwal pendaftaran stan 2017 lalu termasuk ujiannya.

KegiatanTanggal
Pendaftaran online9-31 Maret 2017
Verifikasi berkasDitentukan kemudian
Tahap I 23 April 2017
Tahap II8-13 Mei 2017
Tahap III5-9 Juni 2017

Tiap-tiap tahap di atas berlaku sistem gugur. Jadi apabila tahap I kamu sudah gagal, maka yaudah, kamu sudah tidak ikut tes STAN tahap II atau tahap III.

Tes STAN Tahap I : Tes Tertulis

Tes Tertulis USM STAN terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI), dengan jumlah soal TPA 120 soal dengan waktu pengerjaan total 100 menit, dan jumlah soal TBI 60 soal dengan waktu pengerjaan total 50 menit. Tiap soal benar bernilai 4 poin, tidak diisi 0 dan salah -1 poin.

Materi Tes Potensi Akademik (TPA) USM STAN

  1. Kemampuan Verbal
    • Sinonim
    • Antonim
    • Kosa kata
    • Analogi
    • Bacaan
  2. Kemampuan Kuantitatif / Aritmetika
  3. Kemampuan Penalaran
    • Pola barisan
    • Analitik
    • Penarikan kesimpulan / logika
    • Pola gambar

Materi Tes Bahasa Inggris (TBI) USM STAN

  1. Stucture and written expression
  2. Error Recognition
  3. Reading Comprehension

Tes STAN Tahap II : Tes Kesehatan & Kebugaran

Apabila kamu lolos seleksi tahap I, maka akan ada seleksi tahap II yaitu tes kesehatan dan kebugaran. Yang diujikan dalam tahap II adalah pemeriksaan fisik seperti tinggi dan berat badan, serta lari selama 12 menit dan suttle run (lari membentuk angka 8). Udah itu aja.

Catatan: sejak tahun 2015 lalu sudah ga ada tes wawancara, tapi tahun sebelumnya ada.

Tes STAN Tahap III: Tes Kemampuan Dasar (TKD)

Tes tahap III yaitu Tes Kemampuan Dasar atau TKD. TKD ini merupakan seleksi yang dilaksanakan oleh Kemenpan sebagai syarat untuk menjadi PNS. Sebelumnya TKD dilaksanakan setelah mahasiswa lulus perkuliahan di STAN, mulai tahun 2016 kemarin, TKD menjadi satu dalam rangkaian USM PKN STAN. Setelah lolos TKD, maka kamu tinggal daftar ulang dan resmi menjadi mahasiswa PKN STAN.

Tingkat Ketetatan dan Persaingan USM STAN

Dengan tawaran fasilitas kuliah gratis dan kesempatan menjadi PNS, emang bikin jumlah pendaftar STAN ga pernah sepi. Bahkan padatahun 2007 dan 2006 STAN menggenggam rekor MURI se­bagai perguruan tinggi dengan jum­lah peminat terbanyak. Ini bisa jadi catatan tersendiri buat kamu untuk bersiap-siap berjuang melawan banyak pesaing yang lain.

Statistik USM STAN 2016

Jumlah peserta USMLolos tahap ILolos tahap IILolos tahap III
112.6667.5766.6194.490

Dari data di atas, terlihat bahwa 93,3% peserta gugur pada tahap I. Saran aku sih, kamu fokus aja di tahap I, sedangkan tahap II kan ga perlu belajar, cuma perlu latihan fisik aja. Jadi setelah dinyatakan lolos tahap I, saran aku, kamu langsung aja fokus belajar persiapan TKD (tahap III). Ada waktu sekitar 1 bulan sejak pengumuman tahap I dan TKD. Harusnya sih lebih dari cukup buat mempelajari materinya.


Oke demikian penjelasan singkat tentang tahap-tahap masuk stan. Tulisan di atas berdasarkan aturan tahun 2017. Mungkin saja di tahun 2018 ada perubahan, oleh karena itu, wajib banget kamu baca dengan seksama aturan USM STAN terbaru apabila sudah dirilis di website resmi STAN nanti.

Apabila ada yang masih belum kamu pahami, bisa kamu tanyakan di kolom komentar di bawah.

Ari Candra Arista

Ari adalah alumni STAN tahun 2011 | Kamu bisa kontak Ari di facebook fb.com/acandraarista atau twitter @aricandra